Beranda » Adventure » Rafting Seru Di Songa Adventure

Songa Adventure Rafting Probolinggo , adalah salah satu wisata terpopuler di  Jawa Timur  setelah Gunung Bromo. Arung Jeram Songa  membangun di  Dusun Angin-angin, Desa Ranu Gedang, Kecamatan Tiris, Probolinggo, Jawa Timur . Arung Jeram atau Arung Jeram merupakan olahraga memacu adrenalin juga memberikan banyak manfaat untuk fisik serta juga meningkatkan mental seseorang.

Wisata  Arung Jeram Songa  menggunakan sungai Pekalen sebagai medianya. Sungai ini bersumber dari airmata Argopuro dan Gunung Lamongan dengan lebar rata-rata 5 – 20 meter, kedalaman 1 – 3 meter. Arung Jeram Sungai Pekalen ini cocok untuk digunakan Tempat Outbond atau petualangan bagi Anda yang sibuk dengan kegiatan ditempat kerja untuk menghilagkan pikiran stres terkait masalah pekerjaan atau penuh dengan rutinitas nan rutin.

Jarak mulai sampai selesai – + 12 km yang ditempuh selama 3,5 jam. Jumlah jeram sekitar 50 buah seperti Selamat Datang, Batu Jenggot, Pandawa, Rajawali, Xtravaganza, KPLA, Tripple Ace, The Fly Matador, Hiu, Cucak Rowo, Long Rapid, Good Bye. Ada pula Jeram Inul, disebut demikian karena harus melewati jeram itu, setiap peserta harus “bergoyang bak Inul”. Tingkat kesulitan arung jeram di sini adalah tingkat II hingga III +. Tidak sungguh-sungguh akan menyenangkan Anda dan sangat indah, bayak para rafter mengatakan bahwa Trip Songa Pekalen ini adalah Surganya Para Rafter.

Melihat wisatawan yang datang, bukan hanya dari kota sekitar  Probolinggo  dan  Jawa Timur , tetapi juga banyak yang datang dari luar  Jawa Timur . Sebut saja dari Jakarta, Semarang, hingga Lampung. Sebelum menyetujui seri paket  Petualangan Rafting Songa  ini peserta akan diberi penjelasan singkat tentang cara berarung jeram. Disini peserta akan dikenalkan dengan beberapa istilah yang dipakai. Seperti “Maju” yang berarti mendayung maju, “Mundur” yang berarti mendayung mundur, “Berhenti” berarti berhenti mendayung, “Kiri Mundur” yang berarti pendayung kiri mendayung kiri dan pendayung kanan tetap mendayung maju.

“KanRaftingan Mundur” berarti pendayung kanan mendayung mundur dan pendayung kiri tetap mendayung maju, “Pindah Kiri / Kanan / Belakang” yang berarti peserta harus pindah duduk ke arah yang diperintahkan dan yang paling penting untuk “Boom” perahu dan mengangkat dayungnya menghadap ke atas, ini dilakukan melewati melewati jeram yang sangat deras dengan dinding samping yang sangat sempit. Sungai Pekalen merupakan sungai permanen, karena dapat diarungi selama musim kemarau dengan arus yang tidak terlalu deras. Pada bulan Januari hingga April debit udara tinggi sehingga arus udara menjadi lebih deras.

Pada petualangan di  Songa Petualangan  ini, arung jeram dibagi dua, ada perjalanan indah atau disebut Songa atas, dengan jarak tempuh 12 kilometer yang dikumpulkan waktu perjalanan sekitar 2,5 jam. Untuk kelas perjalanan indah ini setiap orang domestik dibanderol Rp 319 ribu. Sedang internasional Rp 450.000. Level kedua adalah perjalanan luar biasa, atau Songa bawah, dengan harga per penumpang untuk domestik Rp 279 ribu dan internasional Rp 400 ribu. Panjang lintasan sungai pada level ini adalah 10 kilometer dengan lama perjalanan sekitar 2 jam.

Usai perjalanan arung jeram tidak perlu khawatir dengan urusan perut, karena di pos terakhir disediakan makanan komplit. Termasuk makanan tradisional nasi jagung dan ikan asin. Kegiatan arung jeram di Sungai Pekalen ini memang sangat menyenangkan sambil disuguhi keindahan alam nan alami juga masih aman keindahannya. Suasana nan begitu tenang bisa membuat Anda tidak pernah bosan untuk mengagumi keindahannya. Titik awal dari arung jeram ini berada di dusun Angin – angina, Desa Ranu Gedang.

Karakteristik sungai berbelok dan bertebing, Panorama alam yang indah, hambatan jeram yang eksotis dan menantang, kemegahan 7 air terjun, dan kemolekan gua-gua kelelawar, dan juga masih ditemuinya berbagai penyakit seperti burung elang, burung kepodang, monyet, biawak, linsang, tupai dll menjadi daya tarik tersendiri yang dapat Anda nikmati selama perjalanan. Selain mengandalkan arung jeram, di tempat ini juga menyediakan permainan cat ball, kursus tali, outbound training serta penginapan.

Jika Anda dari Surabaya / Malang (bandara, Hotel, Stasiun) sulit karena sudah terpampang baliho  Songa Rafting  di pinngir jalan pantura Surabaya – Probolinngo. Dari Surabaya, untuk mencapai lokasi  Songa  Diperlukan perjalanan sekitar 3 jam perjalanan dengan kendaraan pribadi. perjalanan melewati Kota Pasuruan,  Probolinggo , Pantai Wisata Bentar, Gending. dari Jalan Raya Gending,  Probolinggo perjalanan  masuk area perkampungan dengan jalan yang tidak begitu besar, Dari petunjuk yang ada, perjalanan Dari Gending hingga ke lokasi wisata  Songa dari  jarak tempuhnya 12 kilometer.s

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.

Call Now ButtonTelepon Sekarang
Chat WhatsApp