Jenis Perahu Rafting Oval

21 Oktober 2019 52x Artikel

Beranda » Artikel » Jenis Perahu Rafting Oval

Untuk melakukan kegiatan rafting ada beberapa jenis perahu yang dapat kita gunakan yaitu perahu oval, perahu kayak dan LCR (Landing Craft Rubber). Setiap perahu memiliki keunggulan masing – masing. Pada kesempatan ini yang akan kita bahas adalah perahu oval. Berikut ini adalah jenis serta bagian – bagian perahu oval.

PERAHU OVAL

Perahu oval banyak diminati oleh orang – orang yang gemar berkegiatan rafting atau arung jeram karena perahu ini bisa menampung 4 – 9 awak perahu sekaligus sebagai tim. Tidak seperti perahu kayak yang hanya bisa digunakan oleh 1 atau 2 orang saja (tergantung jenisnya). Pada perahu oval ada yang bertugas sebagai kapten atau ketua tim dan ada juga yang bertugas sebagai skipper. Tugas seorang kapten adalah untuk memimpin kegiatan pengarungan, sedangkan skipper memiliki tugas untuk mengarahkan perahu seperti nahkoda hanya saja alat yang digunakan oleh skipper untuk mengarahkan kapal adalah dayung. Biasanya skipper juga ditunjuk sebagai kapten.

Seperti namanya perahu ini memiliki bentuk oval, pada bagian depan dan belakang perahu didesign sedikit mencuat ke atas dengan tujuan air tidak mudah masuk dan menjaga kestabilan perahu ketika melewati jeram. Perahu oval sendiri dibedakan menjadi 2 jenis yaitu :

JENIS – JENIS PERAHU OVAL

  1. NON SELF BY LINK

Perahu oval jenis non sefl by link adalah perahu jenis lama, pada bagian lantai (floor) tidak memiliki lubang sehingga membutuhkan ember untuk menguras air yang ada di perahu ketika melakukan pengarungan. Perahu jenis ini juga disebut bucket.

  1. SELF BY LINK

Sedangkan perahu oval jenis self by link adalah perahu yang sekarang ini banyak digunakan, perahu ini memiliki lubang pada lantai (floor). Lubang ini berfungsi sebagai jalan keluarnya air sehingga air akan terkuras secara otomatis tanpa kita kuras menggunakan ember. Lubang tersebut juga bermanfaat sebagai pegangan ketika kita akan menaiki perahu yang terbalik. Letak lubang keliling mengitari lantai.

BAGIAN – BAGIAN PERAHU OVAL

  • Tabung Utama
  • Bow
  • Steam
  • Lantai (floor)
  • Thwart
  • D – Ring
  • Tali Penambat
  • Handling Grip
  • Valve

Cara duduk di perahu berbeda dengan cara duduk di kursi, yaitu dengan menyamping. Peserta duduk pada sisi perahu (baik sisi kiri maupun sisi kanan); kaki dalam posisi kuda – kuda pada lantai perahu. Posisi kuda – kuda ini dimaksudkan sebagai pengatur keseimbangan badan selama anda mengikuti pengarungan. Kita bisa menyelipkan salah satu kaki kita ke thwart agar kuda – kuda kita lebih kokoh.

Saat duduk di perahu, perhatikan jangan sampai ada bagian tubuh anda yang terikat atau terlilit tali. Ini sangat berbahaya jika perahu mengalami flip atau terbalik. Posisi duduk anda pun harus mudah untuk menggapai boat line. Bila boat line pada perahu anda terlihat kendur, beritahukan segera pada skipper untuk mengencangkan boat line tersebut agar tidak mengganggu selama pengarungan.

Aturlah jarak duduk anda dengan peserta yang lain agar tidak mengganggu pergerakan selama pengarungan, baik untuk mendayung maupun saat menjalankan instruksi moving position atau perpindahan.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.

Chat WhatsApp
Telp Sekarang
Directions