Beranda » Artikel » Ketahui 5 Hal Berikut Sebelum Olahraga Rafting

 

1. Memperhatikan seluruh instruksi dari pemandu

Sebelum melakukan arung jeram, para peserta harus mendengarkan beberapa arahan keselamatan dari pemandu. Arahan tersebut, tentu saja meliputi apa yang harus dilakukan oleh peserta selama kegiatan berlangsung.

“Kita sebelum kegiatan pasti ada safety briefing. Minimal, mereka terinformasi terkait prosedur tata tertib pengarungan,” kata dia.

Tidak hanya itu, dia juga meminta para peserta memperhatikan aba-aba dari pemandu yang membawa Anda selama kegiatan.

“Ketika di jeram, pemandu akan berteriak ‘boom depan’, kita harus membawa badan kita ke arah depan. Ketika dia teriak ‘boom belakang’, bawa badan ke arah belakang. Ketika dia teriak ‘boom lantai’, kita harus turun duduk di lantai perahu,” jelas dia.

2. Menggunakan alat dengan benar

Selama kegiatan arung jeram, dia menjelaskan para peserta harus menggunakan helm dan jaket pelampung dengan benar. Untuk helm, dia mengatakan, agar gunakan helm yang pas dengan kepala dan kaitkan tali helm dengan batas dua jari dari dagu. Hal ini dimaksudkan, agar helm tidak mencekik saat terjadi insiden selama kegiatan.

“Pakai life jacket yang benar, semua bakel harus dipasang dengan rapi,” ujarnya.

Dia juga mengharuskan peserta menggunakan sepatu atau minimal alas kaki. Ini dimaksudkan, agar terhindar terkena benda tajam ketika harus berjalan dari lokasi jeram terakhir menuju lokasi awal.

3. Jika perahu terbalik

Jika perahu terbalik, ia juga menjelaskan bagaimana cara berenang yang benar. Dia menyarankan, agar para peserta bisa berenang gaya punggung yang mengarah ke hilir (mengikuti arus sungai), untuk mengantisipasi adanya batu.

“Dan, tunggu ditolong temannya yang dekat atau tunggu di-rescue,”.

Ia juga memberikan beberapa hal yang perlu dipertikan ketika akan menolong. Jika terjangkau oleh tangan, Anda harus menarik teman yang jatuh dan berada di dekat Anda dengan cara mengangkat bagian pundak life jacket.

Kalau tidak terjangkau tangan, bisa gunakan gagang dayung dengan cara memasukkan gagang di area pundak life jacket orang yang terjatuh.

“Kalau tidak terjangkau nanti ada tali, lempar nanti ditangkap, kemudian berenang namun membelakangi boat dengan alasan agar enggak banyak material yang mengenai muka. Life jacket didesain daya apung besar di bagian belakang”.

4. Melakukan pemanasan

Pemanasan penting untuk mengurangi kram yang mungkin terjadi saat mendayung.

5. Patuhi syarat

Kegiatan rafting ini bisa dilakukan oleh anak mulai usia lima tahun. Sedangkan orang dengan penyakit jantung, epilepsi dan ayan tidak diperbolehkan untuk mengikuti kegiatan ini.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.

Chat WhatsApp
Telp Sekarang
Directions